Senin, 17 Desember 2012

Kabar Gembira Bagi Dunia, Lapisan Ozon Tidak Lagi Menipis

Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 - 48 km (12 - 30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen.
Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil. 

"Masalah-lubang ozon menunjukkan pentingnya pemantauan atmosfer jangka panjang dan penelitian, tanpa penelitian dan pemantauan secara periodik kerusakan ozon yang akan terus berlanjut dan tidak mungkin telah terdeteksi sampai kerusakan serius lebih jelas," kata Sekretaris Jenderal WMO Michel Jarraud. "Tanpa Protokol Montreal dan Konvensi Wina terkait dengan tingkat atmosfer ozon-depleting zat dapat naik sepuluh kali lipat pada tahun 2050. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan sampai dua puluh juta lebih banyak kasus kanker kulit dan seratus tiga puluh juta lebih kasus katarak mata, tidak berbicara tentang kerusakan pada sistem kekebalan tubuh manusia, satwa liar dan pertanian, "tambah Achim Steiner.

Laporan tersebut, update komprehensif pertama dalam empat tahun, diterbitkan oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan United Nations Environment Programme (UNEP). Ringkasan eksekutif Penilaian Ilmiah Penipisan Ozon 2010 akan diajukan oleh Panel Ilmiah Penilaian pada pertemuan tahunan berikutnya Protokol Montreal, yang akan diadakan di Kampala, Uganda, 8-12 November 2010.

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5337420

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
;