Jumat, 28 Desember 2012

10 fakta menarik tentang ketombe

 
Ketombe merupakan masalah kulit kepala paling umum bagi setiap orang. Ketombe sebenarnya kulit kepala yang mati dan terkelupas. Tak hanya memengaruhi kualitas rambut, tapi juga bisa membuat malu dalam bersosialisasi.

Berikut sepuluh fakta tentang ketombe:

1. Sering mencuci rambut dapat menghilangkan ketombe?
Tidak! Sering mencuci rambut hanya dapat mengontrol ketombe karena adanya pijatan pada kepala. Pijatan itu akan mengganggu habitat alami ketombe dan mengendalikannya. Cucilah rambut setiap tiga hari sekali untuk mengendalikan produksi ketombe berlebihan.

2. Apakah ketombe menular?
Ya, ketombe adalah infeksi jamur superfisial dan akan menular saat berbagi sisir. Namun, ketombe tidak dapat menyebar jika hanya duduk di sebelah orang yang ketombean.

3. Benarkan ketombe hanya menyerang orang dengan kulit kering?
Meskipun ketombe identik pada orang berkulit kepala kering, ketombe bisa juga terjadi pada mereka dengan kulit kepala berminyak.

4. Hanya orang dewasa yang berketombe?
Tidak, remaja dan anak-anak juga bisa mengalaminya. Kelenjar keringat mereka belum sepenuhnya berkembang untuk menghambat berbagai infeksi jamur di kulit kepala.

5. Apakah produk perawatan rambut mengakibatkan ketombe?
Ya, produk perawatan rambut dapat menimbulkan dan memperparah ketombe, penyakit rambut, atau infeksi. Kecuali sampo anti-ketombe.

6. Apakah ketombe akan berkurang jika kepala tertutup?
Tidak! Tidak ada hubungan antara menutupi kepala dan berkurangnya ketombe. Faktanya, menutupi kepala dapat memperburuk ketombe karena tidak membiarkan keringat menguap.

7. Apakah suhu dingin memicu ketombe?
Benar, karena orang cenderung tidak mencuci rambut saat cuaca dingin, infeksi kulit kepala pun meningkat.

8. Ketombe bisa dihapus hanya dalam satu langkah?
Tidak! Meskipun banyak produk mengklaim begitu, hingga kini belum ada produk kosmetik modern yang benar-benar dapat menghilangkan ketombe dalam satu langkah.

9. Apakah blow dry mengurangi ketombe?
Tidak, blow dry dapat mempercantik rambut untuk semalam, tapi sama sekali tidak mengurangi ketombe. Bahkan, blow dry dapat meningkatkan ketombe.

10. Apakah ketombe disebabkan jarang cuci rambut?
Benar, ketika rambut tidak dicuci selama beberapa hari, ketombe berkembang biak dengan leluasa. Untuk mengatasi ketombe, Anda dapat mencoba sampo atau produk salon yang dapat membantu mengontrol dan menghilangkan ketombe.

source: http://www.gallerydunia.com/2012/03/sepuluh-fakta-menarik-tentang-ketombe.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
;