Minggu, 28 Oktober 2012

7 Tips Agar Kelas Tidak Gaduh Saat Belajar

Suasana kelas yang tenang akan membuat guru bisa menyampaikan materi dengan jelas. Siswa juga cepat mengerti dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Namun kelas yang gaduh bukan berarti tidak teratur, metode belajar aktif terkadang pula malah membuat kelas menjadi gaduh. Oleh karena itulah, perlunya penyesuaian tingkat kebisingan di kelas. Agar guru bisa menjelaskan materi dengan jelas dan siswapun dapat menangkap pelajaran yang di berikan guru. Berikut ini tips agar kelas tidak gaduh saat diajar :

  1. Usahakan jangan biarkan mereka berdiskusi tentang tugas atau materi pelajaran, jika dengan cara seperti itu justru malah membuat siswa malah semakin gaduh. 
  2. Usahakan beri hukuman yang mendidik secara langsung kepada siswa untuk mencegah kegaduhan semakin merajalela. 
  3. Usahakan menghindari mengetuk-ngetuk papan tulis atau meja siswa saat berusaha mendiamkan siswa. 
  4. Usahakan mengangkat tangan anda sambil bersikap diam. Cara ini dimaksudkan untuk mencegah kegaduhan yang sudah keterlaluan. 
  5. Usahakan jangan sekali-kali berteriak dengan tujuan mendiamkan siswa. Cara berteriak tersebut malah akan menambah kebisingan yang sudah terjadi. 
  6. Usahakan mengucapkan kata “terima kasih” pada siswa yang tetap tenang meski dalam kondisi gaduh di kelas. 
  7. Usahakan berjalanlah disaat anda berada didalam kelas disaat memberikan materi pelajaran dan berinteraksilah dengan semua siswa di kelas anda. Agar hubungan antara guru dan siswa tetap harmonis.

Semoga tips agar kelas tidak gaduh saat diajar berguna bagi pembaca.
 
source: http://secuil-informasi.blogspot.com/2011/12/tips-kelas-tidak-gaduh.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
;